Inilah Modus Baru Begal Lumajang

Lumajang,BeritaTrans9- Kasat Reskrim Polres Lumajang menganalisis terhadap aksi begal yang terjadi di Jalur Lumajang-Probolinggo dan Lumajang-Jember. Aksi para pelaku diketahui dengan cara menyapa korbannya saat mengisi bensin di SPBU di Desa Malasan-Probolinggo, SPBU Kedungjajang, SPBU Klakah dan SPBU Banyuputih Kidul.

“Jadi pelaku menyapa korban dengan menanyakan mau kemana, bila jaraknya jauh, pelaku langsung membuntuti dan merampas kendaraannya,” ungkap AKP Heri Sugiono, Kasat Reskrim Polres Lumajang di kantornya, Senin (7/9/2015).

Lanjut dia, kadang para pelaku berada di sekitar warung yang ramai dikunjungi warga. Pelaku dalam beraksi mengenakan pakaian seperti layaknya mahasiswa atau sedang berpergian jarak jauh.

“Jadi juga bawa tas, bisanya diisi sajam atau pakaian untuk mengelabui petugas,” terangnya.

Heri berharap pada korban aksi perampasan motor di jalanan Lumajang yang kerap disebut begal untuk melapor kepetugas. Selain itu, bila bagi pengendara motor yang tidak berani melintas di kawasan rawan bisa meminta bantuan petugas yang ada di pos polisi.

“Kalau terburu-buru, bisa bareng dengan rombongan kendaraan roda 4 atau roda 2. Saran kami dalam perjalanan jangan sekali-kali sendiria,” pungkasnya.(R)

brt51905840

(Visited 335 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved