Filmkan Kisah Pengawal Jendral Soedirman, Bupati Pacitan Apresiasi Kopi Sepa

WhatsApp Image 2019-11-24 at 21.39.07

Trans 9 – Pacitan,beritatrans9.com-  Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Pecinta Sejarah Pacitan (Kopi Sepa) yang mengangkat kisah pengawal Jenderal Soedirman, Roto Suwarno saat mendampingi Panglima Besar Jendral Soedirman memimpin perang gerilya di Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan.
Indartato mendorong Kopi Sepa untuk terus berkarya mengungkap berbagai sejarah di Pacitan yang belum banyak diungkap.“Saya menyambut baik dengan adanya komunitas ini, karena sejarah adalah bagian hidup yang tidak bisa kita tinggalkan,”kata Indartato saat menerima kedatangan anggota “Kopi Sepa” di Pendopo Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato berharap anak-anak muda di Pacitan dapat mengetahui sejarah Pacitan pada masa lalu, seperti kisah kepahlawanan Roto Soewarno.
“Harapan kita adalah, anak-anak muda sekarang bisa mengetahui sejarah Pacitan di masa lalu, seperti Pak Roto Suwarno ini adalah Pahlawan dari Pakisbaru yang harus diketahui oleh generasi saat ini,”jelasnya.
Menurut Indartato, film yang mengangkat kisah perjuangan Roto Soewarno tersebut film yang sangat bagus, utamanya untuk menggali kisah sosok Roto Soewarno di Pakisbaru. “Tanpa Pak Roto, Pakisbaru mungkin belum seperti saat ini, dengan Film yang dibuat maka generasi saat ini bisa mengetahui perjuangan beliau,”tandasnya lagi.

Ketua Kopi Sepa, Herlina Savitri mengatakan dirinya merasa senang dengan dukungan yang diberikan oleh Bupati Pacitan terhadap komunitasnya itu. “Ini menambah semangat kami untuk terus berkarya mengungkap sejarah yang ada di Kabupaten Pacitan,”katanya.
Kedepan, lanjut perempuan yang akrab disapa Lina ini, Kopi Sepa akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengungkap sejarah yang ada di Pacitan.
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan dan leluhurnya, tanpa sejarah maka kita tidak bisa melakukan hal itu, dan kita memulai dari Kabupaten Pacitan,”tandas dia.

Kopi Sepa direncanakan akan memutar meluncurkan film berjudul “Roto Soewarno Sang Penunjuk Jalan”di rumah markas Jenderal Soedirman, Lingkungan Sobo, Dusun Menur, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan.
“Tempatnya di halaman Rumah Markas Perang Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman di Sobo Dusun Menur Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan, Film ini adalah karya perdana kami dan kami dedikasikan kepada Pak Roto Suwarno yang telah berbuat banyak untuk masyarakat Pakisbaru,”pungkasnya.(ttk).

(Visited 3 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved