Salah Satu Kelompok Tani, Kec.Bandar, Kab.Pacitan Meraih Gelar Juara Di Tingkat Provinsi

WhatsApp Image 2019-10-17 at 20.17.55
Pacitan,beritatrans 9.com -  Kelompok wanita tani(KWT)kamboja desa jeruk kecamatan Bandar raih penghargaan juara 1 lomba agribisnis tanaman pangan dan Holtikultura Tingkat provinsi Jawa Timur 2019.
Penghargaan di berikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah indar parawansa pada pembukaan jatim fair dalam rangka peringatan Hari Jadi Jawa Timur di Grand City Center Surabaya. Lomba Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura Tahun 2019 di laksanakan di KWT Kamboja desa jeruk kecamatan bandar.

Pelaksanaan lomba di ikuti oleh anggota KWT Kamboja, petugas penyuluh lapangan, Dinas Pertanian kabupaten Pacitan, serta perangkat desa jeruk, di nilai langsung oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur,  Aspek yang di nilai dalam lomba Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura ini di tekankan pada administrasi, kelembagaan,  serta proses produksi.  KWT kamboja beranggotakan 80 orang dan terus berkembang hingga saat ini baik jumlah anggota kelompoknya.

KWT Kamboja berupaya mengoptimalkan sumberdaya manusia yang ada dan hasil niofarmaka daerah untuk diolah menjadi produk yang berdaya jual tinggi, hasil biofarmaka yang melimpah antara lain seperti jahe, kunyit, temulawak dan singkong di olah dengan cara di parut, di endapkan serta di keringkan.
Output yang di hasilkan tidak kalah dengan mesin pengering yang ada di pasaran.  Hasil yg di peroleh berbentuk serbuk minuman yang di racik sedemikian rasa dan di kemas dalam botol serta kemasan yang lengkap sehingga menarik konsumen. Produk KWT Kamboja seperti beragam antara lain instan jahe merah, instan temulawak, instan kunyit, manisan jahe gajah, kopi jahe, thiwul gunung, sambel pecel dan peyek.

Usaha yang dirintis ini pada awalnya untuk menjawab kegelisahan akan harga komoditas biofarmaka yang rendah karena hasil panen yang melimpah sehingga dengan di olah harganya lebih meningkat dan bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Ternyata produk yang di hasilkan diminati oleh banyak konsumen, bahkan pengiriman hingga ke luar jawa.  (Ttk)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved