Ds.Sumberingin Kec.Sanankulon daerah potensi (Produksi Keripik Jagung)

 

blitarrrr BLITAR ,Berita trans9 . Produksi keripik jagung buatan warga  Desa Sumberingin ,Kec Sanankulon, Kabupaten Blitar  keripik jagung yang terkenal renyah dan gurih tersebut Jagung ini seringnya dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Keripik jagung merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari semua kalangan ,baik mulai dari anak-anak hingga kalangan orang dewasa. Kata’ pak Khoirul Badriah Keripik jagung dibuat mengunakan bahan dasar jagung yang kemudian dicampur dengan tepung terigu, tepung sagu dan beberapa perpaduan bahan lain.Cita rasa keripik yang renyah , gurih dan pedas memang sangat banyak diburu dan dicari masyarakat.

Keripik pak Badriah biasanya Dipasarkan dalam bentuk kemasan yang sudah digoreng, perkilonya di jual dengan harga Rp 40.000. Sedangkan untuk yang mentah belum digoreng dijual dengan harga Rp 20.000 perkilogram..Ia menjelaskan, produksi keripik jagung sangat tergantung dengan cuaca. Karena proses produksi keripik jagung tersebut membutuhkan penjemuran kurang lebih selama empat hari. “Kalau cuacanya bagus ya tiga hari sudah bisa diproses untuk digoreng. Tapi kalau sedang musim hujan atau cuaca tidak menentu seperti sekarang penjemuran bisa sampai empat hari, sebelum proses penggorengan,” imbuhnya.

Jagung adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat yang hampir sama dengan beras, anda bisa menjadikan protein, karbohidrat, zat gula atau zat lain yang terkandung dalam buah jagung untuk menjadi nilai plus untuk produk anda.Hal ini sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa untuk mendapatkan zat-zat tersebut tidak selalu dengan mengkonsumsi beras. Apalagi kali ini jagung dikemas dalam olahan berbentuk keripik yang tentunya akan cocok di lidah siapa pun.  Warna jagung yang cerah juga menjadi daya tarik tersendiri, ini bisa menjadikannya salah satu point untuk menarik minat konsumen. Anda tidak perlu menggunakan pewarna makanan karena warna kuning jagung sudah cukup menarik.

Proses penggorengan sendiri membutuhkan teknik yang tidak sama dengan menggoreng kripik pada umumnya. Karena menggoreng keripik jagung tersebut harus menggunakan minyak goreng yang cukup banyak dan dalam keadaan yang panas, agar keripik jagung bisa matang sempurna. “Untuk menggorengpun ada tekniknya, tidak sama seperti menggoreng kripik biasa, dengan mengajarkan beberapa pelanggan yang biasa menjual kembali keripik jagung buatanya untuk bisa memproduksi ulang sendiri. Dengan membeli keripik jagung yang masih mentah.

“Ada pelanggan yang beli mentah untuk produksi ulang biasanya saya bantu dan saya ajari cara menggorengnya,” tuturnya. ( TIO )

(Visited 72 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved