Polres Demak tak serius tangani perkara ?

99 5

 

 

 

 

 

 

DEMAK, BERITA TRANS9

Penegakan supremasi hukum di wilayah hukum Polres Demak saat ini menjadi soroton oleh berbagai pihak. Salah satu nya dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bumi Pertiwi (Bumper) Dan Kosgoro Kabupaten Demak. Pasalnya kasus tindak pidana yang sedang di tangani saat itu tidak jelas juntrungan nya. Bahkan pelaku Muhammad Muklis warga Jogoloyo sudah di tetapkan Daftar Pencarian Orang (DPO), namun saat ini yang bersangkutan masih bebas berkeliaran.

Kasus ini bermula pada tahun 2012 silam, bahwa pelaku saat itu sebagai bandar Togel Kuda Lari dengan omzet ratusan juta Rupiah. Polres Demak yang mengetahui bisnis haram ini, saat itu melakukan penggrebegan di kediaman pelaku. Penggrebegan yang dipimpin Wakapolres Demak, berhasil mengamankan sembilan tersangka yang merupakan anak buah dari pelaku serta sejumlah barang bukti, sedangkan Muklis sendiri saat penggrebegan berhasil meloloskan diri.

Setelah melalui proses hukum, kesembilan tersangka tersebut pada tahun 2014 ahir nya di bebaskan setelah menjalani hukuman satu tahun empat bulan. Kesembilan tersangka pun saat ini merasa kecewa dengan penanganan kasus oleh aparat Polres Demak, Muklis yang sudah menyandang status DPO sampai saat ini tidak jelas poses hukum nya. Padahal, yang bersangkutan hampir setiap hari terlihat melakukan aktifitas di Demak. Oleh sebab itu, sembilan tersangka yang sudah menjalani hukuman, diantaranya merasa menjadi tumbal ke tidak adilan terhadap penegakakan hukum.

Menurut Slamet Marzuki ketua Umum LSM Bumi Pertiwi dan Kosgoro serta beberapa aliansi lembaga swadaya masyarakat lainnya mengaku telah menanyakan perihal perkara tersebut pada Polres Demak, namun sampai sejauh ini diri nya belum mendapatkan jawaban memuaskan dari pihak terkait. Ia menduga, polisi tidak serius menangani perkara ini.

“Lebih dari sekali kami bersama rekan-rekan lembaga lain datang ke Polres Demak untuk mencari kejelasan terhadap perkara ini, salah satu perwira kepolisian di Polres Demak saat itu hanya menginformasikan bahwa kasus nya sedang didalami. Ini memang aneh, setelah sekian lama kami tunggu, kasus ini semakin tidak jelas juntrungan nya. Penyidik Polres Demak seakan-akan tidak serius menangani kasus ini, “ujar Slamet Marzuki.  (TIM )

(Visited 435 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved