BUPATI DAN WAKIL BUPATI TULUNGAGUNG HADIRI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

99 3

 

 

 

 

 

TULUNGAGUNG, BERITA TRANS9                                                                                        Bupati dan Wakil Bupati bersama unsur dari SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung  Jawa Timur serta Komunitas Peduli Lingkungan, mengikuti Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Gemah yang berada di desa Keboireng kecamatan Besuki, tepatnya di kawasan jalur lintas selatan (JLS) Selasa (21/2) pagi.

Dalam sambutannya Sukaji selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan tujuan dari kegiatan Hari Peduli Sampah tersebut untuk menggandeng komunitas-komunias yang ada di Tulungagung upaya meningkatkan peran aktif dan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah serta melaksanakan sampah integrasi dari gunung, sungai, kota, pantai hingga laut.

Bupati Tulungagung menyerahkan bantuan berupa gerobak sampah dan alat bersih-bersih untuk Kepala desa Keboireng. Penyerahan tersebut juga sebagai pembukaan acara Hari Peduli Sampah Nasional.

Bupati Tulungagung Syahry Mulyo melalui Kabag Humas Pemerintah Daerah Sudarmaji mengatakan, kegiatan  tersebut merupakan agenda bersama yang juga dilaksanakan banyak kota lain di Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan HPSN pagi tadi berjalan lancar dan peserta luar biasa banyak. Total sekitar 2.100 peserta dari berbagai unsur, lembaga SKPD, siswa sekolah diberbagai jenjang pendidikan maupun organisasi masyarakat/pemuda hingga komunitas klub motor dan netizen media sosial,”  terang Sudarmaji

“Kita harus menjaga lingkungan khususnya pantai agar bisa bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Khusus peringatan (HPSN) Tulungagung kita pusatkan di pantai Gemah, karena sesuai dengan tema HPSN,” nenek moyang kita seorang pelaut,bukan seorang pembuang sampah dilaut,” tambah Sudarmaji

Menurutnya, Pantai Gemah menjadi salah satu destinasi wisata baru yang diharapkan bisa mengangkat potensi wisata yang tidak mau kalah dengan wisata di Bali, sehingga menjadi tujuan wisatawan lokal dan regional.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu aktivis pecinta lingkungan (PSM) Persatuan Serikat Muda) Candra. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sekali yang mana pantai gemah ini adalah salah satu pantai indah di Tulungagung yang lagi ramai djbicarakn dan banyak pengunjungnya, akan tetapi ada hal yang mengganggu pemandangan lokasi  pantai gemah, yakni akibat sampah yang terlalu banyak.

Pihaknya berharap kedepannya agar semua masyarakat, komunitas dan Pemerintah terutama lebih memperhatikan hal tersebut jangan sampai persoalan yang timbul akibat sampah menjadi persoalan yang menghambat pembangunan khususnya di sektor pariwisata. (danu/hasym)

 

 

(Visited 48 times, 1 visits today)

Photo Gallery

© 2013 BeritaTrans9.com All rights reserved